5 Tips Menjaga Kesehatan Paru Paru

5 Tips Menjaga Kesehatan Paru Paru – Dari banyaknya orang yang mau hidup sehat tidak berpikir untuk melindungi dan menjaga kesehatan paru paru. Organ paru paru sama hal dengan jantung, pada bagian lain dari tubuh kalian yang dapat menua setiap waktu. Paru paru dapa menjadi kurang fleksibel dan kurang fungsinya. Kondisi ini yang membuat kalian lebih bernapas. Yang menerapkan kebiasaan sehat, kalian bisa menjaga kesehatan paru paru dan membuat tetap bekerja dengan optimal, juga sampai usia lanjut. Berikut inilah cara menjaga kesehatan paru paru:

1. Rutin Berolaharaga

Untuk menjaga kesehatan paru paru ialah denga rutin olahraga. Rajin berolaharaga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan paru paru kalian. Juga bisa memperbaiki gejala berbagai kondisi paru paru jangka panjang. Kalian bisa berolahraga dengan lari pagi, atau gym atau bisa juga berbagai jenis olaharaga lainnya.  Lakukan aktivitas fisik 30 menit sehari selama 5 minggu.

2. Hindari Merokok

Merokok menyebabkan kanker paru paru dan penyebab pertama ialah penyakit paru obstruktif kronis ialah suatu kondisi yang akan merusak kantung udara di paru paru kalian sehingga oksigen sulit masuk ke dalam tubuh. Asap rokok bisa mempersempit jalan napas kalian, Sampai menyebabkan kalian lebih sulit bernapas. Kandungan asap rokok dapat mengiritasi paru paru dan menyebabkan batuk berkepanjangan. Lama kelamaan asap rokok akan menghancurkan jaringan. Oleh karena itu, berhenti merokok sejak dini sebagai salah satu cara menjaga kesehatan paru paru.

3. Hindari Paparan Nitrous Oxide

Dimana ada gas terbakar, seperti di kompor oven, dan pemanas ruangan pasti bisa membuat bahan kimia yang disebuy dengan nitrous oxide. Gas ini bisa membakar paru paru yang membuat kalian batuk, mengi, dan memicu asma. Gas ini juga tercipta ketika membakar kayu, minyak, batu bara, atau minyak. Tentukan peralatan dipasang dengan benar untuk melakukan perawatan.

4. Bersihkan Karpet dari Debu Kotoran

Untuk kalian menyedot karpet 3 kali seminggu dan membersihkan dengan teknik uap setiap tahun. Ini dilakukan sebab permukaan karpet terdapat jamur, kotoran kecoa, kotoran, debu yang nantinya dapat masuk ke paru paru kalian. Dan juga bahan kimia yang dipakai untuk membuat dan memasang  karpet bisa menyebabkan masalah paru paru.

5. Latihan Pernafasan

Latihan pernapasan dirancang untuk membantu penderita penyakit paru paru, sama seperti asma, yang menangkap udara dan melemahkan fungsi paru paru yang sehat dengan alami.

BACA JUGA : 4 Tips Menjaga Kesehatan Usus Dari Bakteri Jahat