Tips Menghindari Penyakit Pada Mata

Tips Menghindari Penyakit Mata – Ketika seseorang di dalam ruangan mengalami sakit mata, Anda mungkin takut tertular. Mata yang berwarna merah muda, gatal, dan berair ini memang sangat menular apabila disebabkan bakteri dan virus. Karena alasan ini, penderita sebaiknya menjauhkan diri dengan tidak keluar rtp slot dari rumah atau beraktivitas di luar demi menghindari penularan mata merah muda.Penyakit mata ini dikenal juga sebagai konjungtivitis yang ditandai dengan mata merah muda, berair, mengeluarkan kotoran (belekan), dan peradangan. Mata merah muda dikaitkan dengan bakteri dan virus yang sama yang menyebabkan flu dan batuk. Ini juga bisa disebabkan iritasi lingkungan, alergi, dan penyakit menular seksual.

Tetes air garam steril atau larutan saline

Garam memiliki sifat antibakteri sehingga mampu melawan kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam mata. Air garam juga baik digunakan untuk membersihkan mata dan mengatasi mata kering. Larutan saline biasanya dijual secara bebas dan tersedia di apotek. Untuk menggunakan larutan saline sebagai cara mengobati sakit mata secara alami, Anda bisa meneteskan beberapa tetes poker larutan saline pada mata yang sakit selama 3–4 kali sehari. Setelah itu, bersihkan mata dengan tisu dan hindari mengggosok mata dengan tangan.

Kompres hangat

Kompres hangat juga dapat digunakan sebagai cara mengobati sakit mata alami. Penggunaan kompres hangat dapat mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Selain itu, kompres hangat juga bisa merelaksasi otot mata dan mengurangi nyeri pada mata. Cara menggunakan kompres hangat pada mata adalah dengan merendam kain bersih yang lembut pada air hangat, lalu angkat kain tersebut dan peras airnya. Setelah itu, kompres mata yang sakit dengan kain hangat ini selama 15–30 menit. Lakukan pengompresan ini sebanyak 2–3 kali sehari.

Tidak Mengucek-Ucek Mata

Sebaiknya tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam kondisi steril.

Baca Juga : 5 Tips yang di Anjurkan Mengobati Luka Bakar

Cuci Sprei

Cuci sprei dengan air hangat untuk menghindari kembalinya terkena mata merah muda. Tambahkan produk pemutih dalam cucian Anda untuk membunuh bakteri yang mungkin menetap.

Kompres Dingin

Tidak jauh berbeda dengan kompres hangat, kompres dingin juga bisa digunakan untuk meredakan keluhan sakit mata. Namun, bedanya, kompres dingin dapat digunakan juga untuk mengurangi pembengkakan dan memar pada mata. Cara mengompres pun hampir sama. Hanya saja, kain direndam di dalam air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin (freezer) selama beberapa saat sebelum digunakan. Kemudian, letakkan kain tersebut pada mata atau kelopak mata yang membengkak selama 10–15 menit. https://medicaldocs.org/